Cara memperpanjang umur binatang peliharaan anda

Cara memperpanjang umur binatang peliharaan anda

Siapa pun yang pernah memiliki seekor anjing atau kucing hanya menginginkan satu hal – bahwa dia memiliki kehidupan yang sehat dan panjang. Berikut adalah lima tip yang bisa membantu hewan peliharaan Anda melakukan hal itu.

 

1. Berikan makanan berkualitas tinggi.

Hewan peliharaan yang diberi diet berkualitas tinggi memiliki mantel rambut mengkilap, kulit sehat, dan mata yang cerah. Diet yang baik dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh hewan peliharaan Anda, membantu menjaga kesehatan ususnya, membantu meningkatkan ketajaman mentalnya, membantu menjaga persendian dan otot tetap sehat, dan banyak lagi.

2. Jauhkan hewan peliharaan Anda dari kegemukan.

fat cat Hewan piaraan yang kelebihan berat badan berisiko terkena berbagai masalah kesehatan. Obesitas adalah penyakit gizi nomor satu yang terlihat pada hewan peliharaan saat ini dan penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dapat mempersingkat masa hidup anjing atau kucing sebanyak dua tahun. Mengapa? Kelebihan berat badan atau obesitas membuat hewan peliharaan Anda berisiko terkena penyakit sendi, penyakit jantung dan diabetes, antara lain.

3. Bawa hewan peliharaan Anda ke dokter hewan secara teratur.

Semua hewan peliharaan, termasuk anjing dan kucing, memerlukan perawatan hewan reguler. Namun, perawatan veteriner jauh melampaui vaksinasi rutin, walaupun itu penting. Pemeriksaan rutin oleh dokter hewan Anda dapat menemukan masalah kesehatan yang tidak Anda sadari. Dalam banyak kasus, diagnosis dini meningkatkan kemungkinan keberhasilan pengobatan. Diagnosis dini juga cenderung lebih murah untuk Anda daripada menunggu sampai penyakit hewan peliharaan Anda menjadi maju dan serius sebelum mencoba pengobatan.

4. Jagalah kebersihan hewan peliharaan Anda.

dogs bathMasalah umum di antara anjing dan kucing, penyakit gigi dan masalah kesehatan mulut dapat menyebabkan rasa sakit hewani Anda, sehingga menyulitkan dia untuk makan. Jika tidak diobati, masalah kesehatan mulut bahkan bisa menyebabkan penyakit jantung dan ginjal. Selain pemeriksaan gigi biasa, cara yang paling efektif untuk merawat mulut hewan peliharaan Anda di rumah adalah menyikat giginya di rumah. Jika hewan peliharaan Anda bukan penggemar sikat gigi juga ada alternatif lain, termasuk diet, makanan, dan mainan gigi. Mintalah dokter hewan Anda untuk beberapa rekomendasi.

5. Jangan biarkan hewan peliharaan Anda berkeliaran tanpa pengawasan.

Membiarkan anjing atau kucing Anda berkeliaran bebas sepertinya Anda menyukai hewan peliharaan Anda. Namun, hewan peliharaan yang berkeliaran rentan terhadap sejumlah bahaya, termasuk kecelakaan mobil, predasi, paparan penyakit menular, paparan racun, dan banyak lagi. Selain itu, membiarkan hewan peliharaan Anda berkeliaran tanpa pengawasan dapat mengasingkan tetangga Anda jika hewan peliharaan Anda pernah “meringankan” dirinya di kebun mereka atau menggali kebun mereka.

 

Menjalankan tips diatas bisa memperpanjang usia hewan peliharaan anda, sehat dan bahagia untuk hewan peliharaan Anda.

Comments are closed.